Minggu, 07 Agustus 2016

Kotak Hibah Pendidikan

Sesuai permintaan ibu-ibu akhirnya kotak "Dana Hibah Prndidikan" tercipta. Begini ceritanya kawan.

Mulanya kami, relawan di Rumaksara mengajak anak-anak yang berkeliaran di sekitar untuk belajar bersama setelah sholat Maghrib. Pertama datanglah tujuh anak, dua tiga hari berselang anak-anak itu mengajak teman-temannya jadilah jumlahnya berlipat-lipat, hingga ruang tamu di Rumaksara menjadi sesak.

Mereka datang dengan niat yang sama sekali tidak seragam. Ada yang datang dengan niat ingin belajar, ada yang datang dengan niat ingin membaca buku, yang mengesalkan anak-anak itu datang dengan niat serupa setan. Semisal mereka datang dengan niat atau tujuan: ingin mengacak-acak rak buku, kedua mengganggu temannya yang khusu' belajar, bahkan ada yang hanya ikut-ikutan saja, tak punya pendirian. Itu membuat kami, para relawan Rumaksara harus banyak bersabar. Kami jadi berpikir jadi guru itu amat sulit.

Diluar dugaan, aktivitas ini merambah ke pelosok kampung, menjadi buah bibir disana sini, di warung kopi, di sekolah TK, du jalan raya, juga di perempatan kampung. Akhirnya malam itu aku terkejut. Beberapa ibu-ibu mengantarkan anaknya untuk ikut less katanya. Dan katanya lagi, bayarnya berapa per bulan Mas. Gratis Bu, kataku sambil tersenyum.

Malam berikutnya, diluar dugaanku lagi, ternyata pagi tadi ibu-ibu itu membuat konferensi mungkin semacam KMB di TK Melati desa sebelah. Setelah lama berdiskusi akhirnya sebuah inisiatif didapat. Dan malam itu seorang ibu berkata padaku diambang pintu, Mas begini saja sampean buat kotak sumbangan biar nanti kami memasukkan seikhlasnya agar dapat digunakan untuk membeli papan, buku dan lain-lain.

Akhirnya barusan tak butuh banyak waktu kotak itu selesai ku buat. Semoga menjadi barokah untuk Rumaksara, itu saja harapan kami. Terimakasih banyak untuk teman-teman yang telah berpartisipasi. Semoga Allah membalasnya secara berlipat-lipat. Amin

Begitulah singkat ceritanya kawan. Atau mungkin cerita diatas sama sekali tidak singkat ya? (7/8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar