Sabtu, 26 September 2015

Pengabdian dan Tanggung Jawab

Ketika kita memandang pekerjaan sebagai suatu yang dapat meningkatkan harga diri, status sosial, dan atau gengsi diri. Tanpa pernah menyadari bahwa didalamnya terdapat sebuah pengabdian dan tanggung jawab. Maka bersiap-siaplah mendapat kekecewaan yang amat sangat, ketika suatu pekerjaan yang kau punyai saat itu direnggut dari dirimu.

Kebanyakan orang pada umumnya, ketika mendapat pekerjaan yang boleh dibilang berpangkat tinggi. Ia akan merasa bahwa dirinya memiliki strata sosial yang lebih tinggi dari pada masyarakat pada umumnya. Sehingga yang terjadi Ia amat senang dengan pujian atau sanjungan-sanjungan mengenai pekerjaannya.

Sehingga kemungkinan besar Ia lupa dengan sesuatu yang amat penting yang tengah Ia emban dari pekerjaannya, yaitu pengabdian dan tanggung jawab. Pun mudah sekali kita menilik orang yang lupa akan dua hal penting dalam sebuah pekerjaan.

Pertama, orang tersebut akan merasa bangga sekali ketika mendapat mendapat pujian atau sanjungan pekerjaan yang disandangnya. Kedua, Ia sangat mencintai pekerjaan yang tengah direngkuhnya dan enggan untuk melepaskannya. Ketiga, seperti yang biasa dinyanyikan oleh band papan atas 'Slank'. Sedikit bekerja banyak mintanya. Alias malas dalam bekerja tapi giat mencari laba. Mungkin inilah yang dikatakan, cinta pekerjaan tapi tidak cinta bekerja. Sebenarnya masih banyak lagi cirinya, jika kita mau memetani satu persatu. Tapi karena keterbatasan saya, hanya mampu mneyebutkan sedikit saja.

Lantas bagaimanakah, ciri-ciri orang yang tak lupa dengan hal dua hal penting diatas? Kiranya cukup kebalikan dari ketiga ciri yang baru saja disebutkan.

Yang sering kita tidak sadari, pekerjaan atau jabatan bukanlah merupakan suatu hal yang kekal. Ada masanya Ia akan pergi meninggalkan kita. Itu artinya pekerjaan atau jabatan hanyalah titipan sementara dari Nya. Atau ibarat amanah yang dipercayakan oleh Allah untuk kita. Maka menjalankan dengan baik adalah kunci terhidar dari segala kekecewaan terenggutnya pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar