Kamis, 25 Juni 2015

Kang Abik (Copy SPN)

📝 Bedah Skema Novel "Api Tauhid" karya Habiburahman El-Shirazy 📝

Oleh Wildan Fuady

Kita sama-sama tau bahwa novel ini amat Best Seller, selain karena penulisnya, novel ini pun menjadi oase baru buat sastra sejarah abad ini. Tak jarang, kekuatan Kang Abik ada di dalam memahamkan pembaca meskipun pembaca awam sastra.

Kita boleh tengok beberapa novelnya, isinya mudah dipahami, mengalir dan kaya dengan ilmu.

Secara garis besar, novel Api Tauhid berhasil menyuntik kita untuk membaca tuntas novel setebal 570 halaman itu.

Skemanya adalah:
1⃣ pengenalan tokoh dan konflik
2⃣ flashback mengapa terjadi konflik
3⃣ pembawaan alur agar konflik selesai dengan cara menghadirkan tokoh teladan
4⃣ pembenahan konflik tokoh utama
5⃣ klimaks

Ada yg paham mengapa skema tersebut?

Jadi ... Diawal Kang Abik memaksa pembaca agar pembaca terbawa alur penasarannya. Hingga, pembacapun tak bosan meneruskannya.

Itu kekuatan novel jika "why" di tekankan pada bab awal2 ...

Menurut saya, ini kekuatan hypno buat para pembaca. Sama seperti saya membaca novel Hafalan Shalat Delisa nya Bang Tere ... Pada bab awal diperkenalkan sebuah masalah ... Yang kadang membuat kita penasaran akan lanjutan ceritanya ..

Yg digunakan justru alur maju lebih dahulu. Lalu diperkenalkan alur mundur sbg flashback sebuah masalah ... "Why" menyelinap pada bagian ini ...

Nah, kekuatan novel sebenarnya ada di titik awal. Pembaca tidak akan berhenti membaca novel kita kalau alurnya .... Pengenalan tokoh dan masalah - flashback dan sisi why masalah - kemasan cerita - penyelesaian masalah ...

Ini yg menurut saya berhasil menyuntik pembacanya. Penulis2 besar seperti itu banyak saya temukan alurnya sama... Haya kemasan dan ceritanya yg beda ...

Jadi ... Jelas ya ... Sisi novel Api Tauhid itu bgtu skemanya ...

Tak jarang, saya menemukan banyak kesamaan skema ...

Nah, saya pun sedang menggarap sebuah novel. Mohon doanya. Saya nulis bgini bukan brarti saya paham tentang novel.

Untuk menulis novel saja, penelitian saya bertahun-tahun.

Sekarang, cobalah jika kita membaca sebuah novel agar mempelajari juga alur novelnya. Khususnya bagi pemula dan ingin belajar menulis novel ...

Ini sangat membantu memahamkan kita tentang cara membuat sebuah novel. Anggap saja, kita membaca dan kita pun melakukan sebuah penelitian kecil.

Itulah beberapa nasehat dari guru saya, bacalah lalu pelajarilah. Gunakan semua indramu agar kita peka terhadap sesuatu hal yg kecil sekalipun.

Demikian ulasan singkat dari saya. Semoga ada manfaatnya. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar