Rabu, 03 Juni 2015

Kepergian Beliau

Innalillahi wa inailaihi rojiun. Satu kalimat yang patut Saya ucapkan dalam hati. Saat sedang membaca majalah Matan edisi Mei. Karena berbagai alasan, saya baru membacanya ketika sudah habis bulan majalah itu. Ada berita duka yang dimuat didalamnya. Seorang kiai yang juga penulis produktif telah pergi meniggalkan kita.

Adalah seorang K.H Muammal Hamidy, Beliau telah pergi untuk selamanya. Saya tercengang ketika tahu bahwa beliau lahir di Lamongan. Sebab itu adalah kota yang saya tinggali dari kecil sampai sekarang. Saya sangat bangga sebab Lamongan menjadi tempat kelahiran beliau, seorang tokoh agama yang berpengaruh di jawa timur.

Beliau adalah sebagian kecil dari kiai yang produktif menulis. Menyampaikan ilmunya dalam bentuk-bentuk tulisan yang kemudian dibukukan. Dalam majalah itu menyebutkan bahwa beliau rajin sekali berdakwah dan menulis. Beliau juga merupakan penerjemah bebagai buku.

Kita patut berduka atas kepergian beliau. Dijaman yang semakin modern ini, kepergian beliau merupakan pukulan telak bagi umat. Kita semakin kemiskinan jumlah ustadz. Kepergian beliau juga merupakan cambukan bagi umat. Agar senantiasa belajar dan terus belajar memperdalam ilmu agama.

Dijaman yang semakin modern ini kepergian K.H. Muammal Hamidy menambah kemiskinan jumlah kiai bagi bangsa ini. Utamanya bagi Jawa timur. Harus merelakan dengan ikhlas kepergian seorang tokoh agama. Yang gemar menebarkan ilmu lewat tulisan juga dakwah.

Saya hampir terenyuh sekaligus kagum ketika membaca perjuangan beliau selama hidupnya. Beliau adalah seorang pekerja keras. Ketika menikah beliau memulai semuanya dari nol. Menjadi pengasuh berbagai majalah yang berbau islami tak cukup untuk membiayai hidupnya. Pernah beliau tak jadi berkhutbah dalam sholat jumat lantaran beberapa hari terakhir beliau belum makan.

Pernah suatu saat beliau sedang sakit, masih saja tetap menghadiri undangan untuk berdakwah. Beliau menyembunyikan penyakitnya dari sepengetahuan kelaurganya. Sungguh luar biasa semangat untuk berdakwah beliau. Pernah juga suatu ketika beliau harus berhutang lantaran tak punyai biaya untuk menghadiri undangan dakwah di surabaya. Sampai segitunya perjuangan beliau untuk menyampaikan ilmu-ilmu nya.

Semangat menulisnya pun tak pernah padam. Bahkan ada buku beliau yang diterjemahkan ke bahasa lain. Beliau juga menjadi penjawab dalam kolom tanya jawab islam di berbagai majalah.

Dari sini dapat kita tarik pelajaran bahwa semangat belajar haruslah selalu terpacu. Dan pantang menyerah meskipun berkali-kali menuai kesulitan. Kepergian beliau merupakan suatu tantangan bagi generasi selanjutnya untuk senantiasa belajar memperdalam ilmu agama. Semoga kepergian beliau menjadi cambuk bagi generasi selanjutnya untuk lebih baik lagi kedepannya. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar