Rabu, 17 Juni 2015

Ramadhan Datang Menyapa

Beranda facebook hari ini lekat dengan bulan penuh berkah. Tulisan serta status-statusnya menyinggung kesana. Bisa dibilang Ramadhan telah menjadi trending topic hari ini.

Ramadhan telah dipelupuk mata. Malam nanti kita akan bersama-sama menjalankan Sholat Tarawih untuk kali pertama dalam Ramadhan tahun ini. Perasaan tidak sabar memeluk bulan penuh berkah mungkin tengah mendera mereka yang menuliskan macam-macam tentang Ramadhan dalam statusnya.

Perubahan drastis mungkin akan terjadi malam nanti. Coba rasakan suasana malam nanti akan berubah syahdu. Anak-anak kecil akan bersuka ria menghiasi langit dengan gemerlap kembang api. Suara letupan kembang api juga petasan akan berkecamuk dimana-mana. Sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Seakan itulah budaya yang akan muncul selama Ramadhan berlangsung.

Sebentar lagi dalam hitungan jam. Tempat beribadah umat Islam entah itu masjid atau mushola akan menjadi tempat paling favorit. Aktivitas keagamaan akan semakin kental. Jika adzan isya berkumandang orang-orang akan berbondong-bondong mengerjakan sholat sunnah yang hanya ada ketika Ramadhan, tidak lain ialah sholat tarawih. Satu bulan kedepan masjid akan menjadi tempat teramai.

Satu bulan kedepan juga kita akan beradaptasi dengan lingkungan yang sama sekali berubah 180 derajad. Yang awalnya boleh makan sesuka hati di siang hari nanti semua itu akan menjadi haram. Jika kita beragama Islam. Pun juga dengan suasananya dari speaker-speaker TOA yang terpancang diatas setiap mushola dan masjid akan sering-sering melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran. Syahdu bukan main bukan.

Dan satu hal yang patut kita syukuri jika kita umat Islam. Ramadhan telah menyapa kita lagi. Belum tentu tahun depan akan menyapa lagi. Siapa yang tahu kalau ini Ramadhan terakhir kita? Hanya Allah lah yang tahu. Maka mari bersama-sama menggali kebaikan dalam bulan Ramadhan kali ini. Semoga Allah memberi hikmah pada kita. Lebih-lebih jika keimanan kita naik satu tingkat menjadi ketaqwaan. ...Barang siapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui [QS. Al Baqarah (2): 184]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar