Jumat, 15 Mei 2015

Berfikir dan Menulis

Islam pada abad pertengahan adalah Islam yang besar. Yang mana banyak berlahiran para pemikir-pemikir Islam. Seperti Ibnu Sina (avicenna) yang terkenal dengan ilmu kedokterannya. Bahkan tebersit kabar buku ensiklopedi kedokteran yang Ia tulis mampu menguasai eropa selama hampir 500 tahun di jadikan sebagai landasan ilmu kedokteran disana. Lain halnya dengan Ibnu Rusyd (averous) tokoh Islam dari Spanyol ini terkenal dengan buku filsafatnya yang mengkritik buku tulisan Al ghazali, sedangkan Al Farabi adalah salah satu tokoh Islam yang sungguh keterlaluan cemerlang otaknya. Dan masih banyak lagi.

Pada pertengahan abad lalu Islam tengah menikmati masa keemasannya. Itu bertepatan pada massa pemerintahan tiga Dynasti yaitu Umaiyah, Abbasiyah, dan Fatimiyah. Disitulah Islam sedang menguasai Eropa. Peradaban besar Islam mulai di bangun.

Andalusia menjadi pusat peradaban pendidikan dunia. Disini banyak didirikan universitas-universitas Islam, pusat para Ilmuan-ilmuan Islam melakukan pengkajian, penelitian, serta pengembangan Ilmu pengetahuan. Tak ketinggalan gedung perpustakan nan megah didirikan disini. Sehingga mengundang banyak orang dari seluruh penjuru berdatangan untuk menimba ilmu di sini.

Semua itu terjadi karena Islam gemar sekali melakukan pengkajian. Menelaah suatu kasus. Mengkaji atau menfsirkan Al-Quran. Lantas hasilnya mereka tulis dan dibukukan. Itulah budaya Islam dahulu. Yang mampu membawa ke masa keemasannya.

Mereka gemar sekali berfikr. Seolah itu menjadi sarapannya. Dan kemudian mengabadikannya dalam bentuk tulisan-tulisan. Elok sekali budaya Islam tempo dulu. Berfikir dan Menulis adalah budaya yang berhasil membawa ke masa emas.

Semoga jejak kawan-kawan Sahabat Pena Nusantara bisa serupa dengan Islam di abad pertengahan. Menjadikan berfikir dan menulis sebagai kebiasaan yang membudaya. Segera menetaskan karya-karya yang memperkaya literasi nusantara. Lebih-lebih mampu melejitkan derajad bangsa dan Islam dimata dunia. Dan memperkaya wawasan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar