Sabtu, 30 Mei 2015

Sholat Adalah Istirahat Terbaik

Memang tidak salah ketika sebagian orang tidak merasa tenang saat melangsungkan sholat. Semua itu lantaran urusan dunia yang senantiasa menjerat. Baik pekerjaan maupun keinginan-keinginan duniawi lainnya.

Pastinya banyak dari kita pernah resah akan pekerjaan yang tak kunjung kelar. Kita disesakkan pekerjaan yang menggunung. Sehingga menuntut untuk bekerja, bekerja dan terus bekerja. Dan ketika telah mencapai puncaknya, batas maksimal tubuh. Kita terkapar lesu di sudut kamar. Semua itu karena urusan dunia yang tak kunjung hentinya.

Sehingga tidak jarang panggilan Allah di kesampingkan. Hanya diam sejenak ketika adzan sedang berlangsung. Memilih melanjutkan pekerjaan dibanding melaksanankan sholat terlebih dahulu. Atau juga ada yang segera melaksanakan sholat tapi dengan irama yang tergesa-gesa bak orang yang dikejar-kejar anjing.

Mungkin ini adalah salah satu penyebab ketidak khusu' an dalam sholat. Kita menampikkan tujuan utama sholat. Yaitu dari berdzikir (mengingat) Allah beralih jadi berdzikir (mengingat) dunia: materi, urusan, dan pekerjaan lebih utama. Jika seperti itu kejadiannya semuanya akan salah kaprah.

Padahal sholat adalah waktu untuk beristirahat. Bukan beristirahat dalam bentuk yang lain. Tapi istirahat dalam bentuk melaksanakan sholat. Beristirahat dalam doa-doa yang kita lantunkan dalam setiap bacaan didalamnya. Berusaha takzim berdzikir kepada Allah. Dan sejenak melepaskan urusan dunia yang menjerat.

Jangan risau akan pekerjaanmu yang menumpuk. Jangan risau akan ancaman bos. Atau ancaman-ancaman lain yang kalian timbulkan sendiri. Atau lebih pantas disebut cemas akan sesuatu yang belum pasti. Serahkanlah semuanya pada Allah. Biarkan Allah menyelesaikan hal-hal yang mustahil bagi kita. Karena dihadapan-Nya tidak ada yang mustahil. Menggulung Bumi saja Ia mampu. Apalagi hanya menggulung masalahmu yang hanya secuil itu.

Biarkan waktu sholat menjadi waktu sholat. Jangan campur adukkan dengan urusan sholat dengan urusan dunia. Jadikan waktu sholat menjadi istirahat terbaik dalam hidupmu. Tidak ada yang mustahil ketika Allah telah meridhai sesuatu. Bahkan hanya untuk menyelesaikan masalah sepelemu. Karena semua hal baik akan kembali untukmu dan sholat bukanlah kewajiban melainkan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar